Label

Sabtu, 19 November 2011

Cara membeli domain name

Cara membeli domain name sebenarnya sangat mudah. Kita tinggal memilih domain name yang kita inginkan, kita pilih jenis ekstensinya, misalnya domain dot com, domain dot net, domain dot org, maupun domain Indonesia yaitu co.id, web.id, or.id, dan lain sebagainya. Terakhir kita bayar biaya pembelian domain tersebut dengan transfer Bank (apabila membeli dari broker domain Indonesia) atau Paypal dan kartu kredit.

Saya rekomendasikan apabila membeli domain dan hosting pada satu tempat. Kenapa? Karena apabila terdapat suatu masalah pada domain dan hosting, bisa dengan mudah komplain terhadap penyedia hosting tersebut.
Baiklah tidak usah banyak bicara, silakan praktek membeli domain, langkah pertama klik link dibawah ini:

Beli Domain

Setelah sampai pada halaman perusahaan penyedia domain dan hosting tersebut, ketikkan nama domain yang Anda inginkan pada kotak yang tersedia. Pilihlah ekstensi domain sesuai keinginan Anda. Namun saya sarankan untuk memilih domain dot com atau dot net. Kata pakar, domain dot com atau dot net memiliki kualitas backlink yang baik, berguna sekali suatu hari nanti. Selain itu, domain dot com juga lebih mudah dihafal daripada domain-domain yang lain. Bener apa betul? :D
Berikut screenshot prakteknya:


Setelah itu klik tombol search. Apabila domain yang Anda inginkan masih tersedia (belum dibeli oleh orang lain) maka akan muncul layar seperti ini:


Klik order now untuk memesan domain tersebut. Selanjutnya muncul layar sebagai berikut :



Jangan lupa centang ID Protection dan DNS Management. ID Protection berguna untuk melindungi identitas Anda sebagai pemilik resmi domain tersebut.
DNS Management berfungsi untuk mengganti Nameserver, ini sangat perlu apabila suatu saat Anda ingin pindah ke hosting lain.
Apabila Anda sudah memiliki webhosting sendiri, atau sudah membeli webhosting sebelumnya, gantilah nameserver diatas sesuai dengan nameserver webhosting Anda. Kalau sudah, tinggal klik update chart (next) di bawah.Akan muncul halaman seperti ini:



Pembayaran bisa dilakukan lewat transfer bank bila Anda membeli domain di tempat tersebut.

sumber : http://diwordpress.com/172/tutorial-wordpress-cara-membeli-domain-name/

5 komentar:

Like

comments